menghilangkan kutu rambut Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Cara Menghilangkan Kutu Rambut – Teman-teman ada yang kepalanya gatal-gatal ? Wah, jangan-jangan dirambut kamu ada Kutu Rambutnya. Kutu rambut sulit ditemukan karena warnanya sangat mirip dengan warna rambut dan ukurannya kecil. Sudah tahu belum Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut ? Belum tau ? Okelah kalau begitu, kali ini ayo kita bahas Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami.

Sebelum Membasmi Kutu Rambut, teman-teman harus tahu dulu gejala-gejala adanya kutu rambut dikepala.

Gejala Kutu Rambut

Sering menggaruk kepala adalah tanda utama seseorang memiliki kutu rambut. Tapi untuk memastikan keberadaannya, yang paling praktis adalah menghamparkan handuk atau saputangan putih dan meletakkan kepala anak di atasnya, lalu menyisir rambut dengan sisir khusus untuk kutu rambut (serit). Di kampung-kampung orang biasa menyimpan sisir jenis ini, yang biasanya berbilah dua dan bergigi rapat dan kaku. Bila ada kutu rambut, maka kutu dan telur-telurnya yang berwarna putih akan berjatuhan atau menempel di sisir.

Nah jika sudah tahu gejalanya dan ternyata teman-teman memiliki gejala Kutu Rambut tersebut. Berikut ini yang harus kamu lakukan untuk Menghilangkan Kutu Rambut.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

1. Memangkas rambut

Bagi anak laki-laki yang memiliki masalah kutu rambut parah, cara menghilangkan kutu rambut yang paling mudah adalah memangkas rambut sampai plontos. Pencukuran sebaiknya dilakukan di rumah, bukan di tempat pangkas rambut untuk menghindari kemungkinan penularan ke orang lain.

2. Zat Pembasmi Alami

Meskipun kini sudah tersedia obat-obat kimia pembunuh kutu rambut, sebagian orang masih menyukai cara alami untuk membasminya. Selain tidak selalu efektif, obat kimia bagaimana pun dapat memiliki efek samping bagi tubuh (baca baik-baik aturan pakainya bila kamu menggunakannya).

Berikut adalah beberapa bahan alami yang mudah didapat dan efektif menghilangkan kutu rambut:

  • Minyak kayu putih dan jeruk nipis. Campur beberapa sendok minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi rambut, dan pijatlah kulit kepala dan remas-remaslah rambut dengan merata selama beberapa menit. Tutuplah kulit kepala dengan topi mandi plastik dan biarkan cairan bekerja selama satu jam. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Ulangi beberapa kali dalam seminggu sampai anak Anda benar-benar bebas kutu.
  • Minyak kelapa. Minyak kelapa (Jawa: minyak klentik) dapat memasuki saluran pernafasan kutu dan membunuh mereka dengan membuat lemas dan dehidrasi. Sewaktu anak mau tidur, tuangkan minyak kelapa hangat di kepalanya dan remaslah rambut seperti berkeramas. Bungkus kepala dengan topi mandi plastik dan tidurkan anak. Di pagi hari, basuh kepala anak untuk membersihkan minyak. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Lakukan tiga malam berturut-turut. Periksa kembali rambut anak dan ulangi hanya jika diperlukan.
  • Cuka Putih. Cuka putih tidak membunuh kutu, namun efektif membuat telur-telur kutu mudah lepas dari cengkeramannya di rambut.  Selain itu, cuka juga bersifat antiseptik sehingga bisa membersihkan jamur dan bakteri di kepala. Basahi kepala dan kulit kepala anak dengan air cuka. Tutup kepala dengan topi mandi plastik selama 30 menit agar cuka meresap dan bekerja. Sisirlah rambut dengan sisir khusus untuk mengeluarkan kutu dan telur-telurnya. Telur-telur yang sebelumnya sangat lengket di rambut akan dengan mudah berlolosan. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Ulangi beberapa kali sampai anak Anda bebas kutu rambut.

3. Pencegahan Tertular Kutu Rambut

Pencegahan adalah terapi yang paling efektif dan murah dalam Cara Menghilangkan Kutu Rambut.

  • Setelah menyadari anak Anda memiliki kutu rambut, periksa anggota keluarga lainnya dan pastikan tidak ada satu pun anggota keluarga lain yang juga bermasalah kutu rambut. Lakukan penanganan yang sama bila ada anggota keluarga yang terkena.
  • Usahakan untuk tidak berbagi peralatan yang dapat menjadi sumber penularan kutu seperti sisir, topi, handuk, bantal, dll.
  • Jangan menggantung handuk, topi, jilbab dan lain-lain di tempat gantungan yang sama sehingga kutu rambut bisa melompat dari satu barang ke barang lain.
  • Untuk sementara sampai anak dipastikan bebas kutu, pisahkan tempat tidurnya. Kutu dapat melompat dari kepala anak yang satu ke yang lain sewaktu mereka tidur dengan kepala berdekatan.

Nah itu tadi sedikit tips Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Tips Mencegah Tertular Kutu Rambut yang bisa saya kasih buat teman-teman. Baca juga Cara Mengatasi Rambut Rontok, Segera Basmi Kutu Rambut dikepala teman-teman karena kutu rambut bisa mengurangi konsentrasi teman-teman saat belajar. Silahkan dibaca lagi Cara Menghilangkan Kutu Rambut diatas, semoga bermanfaat.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut
Reviewed by Dinas Pendidikan
Rating: 4.5
Kamu Suka? Klik

Berikan Komentarmu Mengenai Cara Menghilangkan Kutu Rambut