Penyebab Mimisan, mungkin itu yang banyak ditanyakan oleh orang-orang yang pernah mengalami mimisan. Mimisan biasanya terjadi secara tiba-tiba, dan kita tidak tahu apa penyebab mimisan tersebut. Nah, kali ini mari kita bahas sama-sama Apa sih Penyebab Mimisan sebenarnya dan apa solusi mengatasi mimisan tersebut.

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya 350x248 Penyebab Mimisan dan Cara MengatasinyaMimisan terjadi karena hidung merupakan organ yang memiliki pembuluh darah halus paling banyak. Pembuluh-pembuluh darah tersebut terletak dekat pada permukaan kulit, sehingga rawan terluka dan menyebabkan mimisan. Kebanyakan kasus mimisan terjadi pada bagian bawah septum, atau sekat tulang yang membagi kedua rongga hidung. Gangguan ini biasa dialami oleh anak yang memiliki bakat mimisan atau pembuluh darah permukaan selaput lendirnya sangat tipis sehingga mudah pecah. Lantaran mudah pecah. Lantaran itulah anak ini sering mengalami mimisan secara berulang-ulang. Anak sehat pun dapat mengalami mimisan, meski tidak sesering orang yang memiliki bakat.

Berikut ini beberapa Penyebab Mimisan yang sering terjadi.

Penyebab Mimisan

1. Trauma
Misalnya terbentur, jatuh, dan membuang ingus terlalu keras. Mengorek-ngorek hidung dengan kuku yang tajam juga akan melukai selaput hidung yang tipis dan menyebabkan mimisan.

2. Polusi
Polusi berupa paparan rokok atau asap knalpot bersifat iritatif. Semua itu dapat membuat lecet dan merobek permukaan selaput lendir yang tipis.

3. Obat-obatan Terentu
Ada beberapa obat yang dapat memicu terjadinya mimisan. Obat semprot yang berfungsi melegakan hidung yang mampet (obat pelega hidung golongan kortikosteroid), salah satunya. Pemakaian yang terlalu sering dapat menjadikan hidung anak mimisan, begitu pun cara pemakaiannya yang salah seperti menggunakan semprotan ke arah tengah padahal yang tepat adalah dengan menyemprotkan ke samping.

4. Udara Dingin
Penyetelan AC yang terlalu dingin dapat menyebabkan mimisan. Cara kerja AC yang menyerap uap air di udara membuat kelembapan di ruangan jauh berkurang. Ditambah, suhu yang terlalu dingin membuat udara jadi makin kering. Udara kering yang diisap anak akan membuat alat pernapasannya mengering, sehingga selaput lendirnya mudah pecah dan berdarah.

Tips Cara Mengatasi Mimisan

Cara Menghentikan Mimisan / Mengobati Mimisan

Cara menghentikan mimisan adalah anak didudukkan pada posisi tegak, kemudian diberikan tekanan pada hidung (dipencet) dengan tujuan mengecilkan pembuluh darah yang pecah (kontriksi) sekaligus mempercepat pembekuan darah di daerah hidung. Bisa juga dengan pengobatan alami daun sirih getahnya diteteskan ke daerah hidung yang mimisan. Getah daun sirih ini berkhasiat menimbulkan koagulasi pada pembuluh darah yang pecah.

Nah setelah tau penyebab mimisan, berikut ini tips Cara Mengatasi Mimisan yang perlu kamu lakukan setelah darah mimisan sudah berhenti.

  • Istirahat dengan posisi kepala agak ditinggikan, sekitar 30 hingga 45 derajat
  • Cobalah selalu menjaga posisi kepala lebih tinggi dari jantung
  • Jangan merokok
  • Jangan mengejan saat buang air besar, sebaiknya gunakan pelunak kotoran atau pencahar.
  • Sementara jangan mengangkat benda yang berat
  • Jangan meniup hidung atau memasukkan apapun ke dalamnya. Jika harus bersin, buka mulut Anda sehingga udara akan keluar dari mulut bukan hidung.
  • Sebaiknya jangan mengonsumsi minuman panas setidaknya selama 24 jam

Semoga dengan mengetahui sedikit pembahasan mengenai Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasi Mimisan diatas, kita bisa menjadi lebih tenang saat mengalami mimisan. Ayo kasih tau ke teman-teman kamu tentang Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasi Mimisan ini.

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya
Reviewed by Dinas Pendidikan
Rating: 4.5
Kamu Suka? Klik

Berikan Komentarmu Mengenai Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya